Senin, 13 Juni 2016

manusia KERAGAMAN DAN KESETARAAN



MANUSIA KERAGAMAN DAN KESETARAAN
Makna Keragaman
             Keragaman berasa dari kata ragam yang menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI) artinya :
·        Tingkah laku
·        Macam jenis.
·        Lagu musik : langgam
·        warna : corak : ragi
·        laras (tata bahasa).
Keragaman manusia sudah menjadi  fakta social dan fakta sejarah kehidupan. Sehingga pernah muncul  penindasan, perendahan, penghancuran dan penghapusan rasa atau etnis tertentu. Dalam sejarah kehidupan manusia pernah tumbuh ideology atau pemahaman bahwa orang berkulit hitam adalah berbeda, mereka lebih rendah dan dari yang berkulit putih.Contohnya di Indonesia, etnis Tionghoa memperoleh perlakuan diskriminatif, baik secara social dan politik dari suku-suku lain di Indonesia. Dan ternyata semua yang telah terjadi adalah kekeliruan, karena perlakuan merendahkan martabat orang atau bangsa lain adalah tindakan tidak masuk akal dan menyesatkan, sementara semua orang dan semua bangsa adalah sama dan sederajat. Sehingga keragaman yang dimaksud disini adalah suatu kondisi masyarakat dimana terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang, terutama suku bangsa dan ras, agama dan keyakinan, ideologi, adat kesopanan serta situasi ekonomi. Struktur masyarakat Indonesia yang majemuk dan dinamis, antara lain ditandai oleh keragaman suku bangsa, agama, dan kebudayaan. Sebagaimana diketahui bahwa bangsa Indonesia memiliki keragaman suku bangsa yang begitu banyak, terdiri dari berbagai suku bangsa, mulai dari sabang hingga Merauke, ada suku Batak, suku Minang, suku Ambon, suku Madura, suku Jawa, suku Asmat, dan masih banyak lainnya.
Konsep keragaman mengandaikan adanya hal-hal  yang lebih dari satu, keragaman menunjukan bahwa keeradaan yang lebih dari satu itu berbeda-beda, heterogen bahkan tidak bias disamakan. Keragaman Indonesia terlihat dengan jelas pada aspek-aspek geografis, etnis, sosio kultural dan agama serta kepercayaan.
Makna Kesederajatan
Kesederajatan berasal dari kata derajat. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia derajat berarti :
·        Tingkatan, martabat, pangkat,
·        Gelar yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada mahasiswa yang telah lulus ujian.
Sederajat berarti sama tingkatannya (pangkatnya, kedudukannya) dan kesederajatan berarti perihal kesamaan tingkatan.  Dengan demikian konteks kesederajatan disini adalah suatu kondisi dimana dalam perbedaan dan keragaman yang ada pada manusia tetap memiliki satu kedudukan yang sama dan satu tingkatan Hierarki. Termasuk perlakuan yang sama dalam bidang apapun tanpa membedakan jenis kelamin, keturunan, kekayaan, suku bangsa, dan lainnya. Dalam pandangan Islam, kedudukan manusia itu sama dalam segala hal, dan yang paling mulia kedudukannya dimata Tuhan, adalah didasarkan pada ketaqwaannya dan keimananya. Konsep kesetaraan adalah konsep yang dipakai dalam system komunisme atau sentralistik dan tentu saja konsep ini bertentangan dengan konsep keragaman. Kesetaraan lebih mengacu pada bagaimana perbedaan yang ada harus hidup serasi dan selaras, tanpa harus meninggalkan identitas perbedaan yang ada pada masing-masing individu tersebut.
Tuntutan kesetaraan mungkin belum beberapa abad terakhir ini di mulai oleh manusia. Tentunya seruan dengan suara kecil malah yang hamper tidak terdengar, pada ribuan tahun yang lalu sudah ada. Tingkatannya rakyat jelata, tetap iberkeinginan agar menjadis epadan dengan para bangsawan, dengan para orang kaya serta berkuasa bahkan menjadi anggota kalangan Sang Baginda Raja. Kalau kita mau memikirkan masak-masak keinginan untuk setara itu, biasanya dan selalu dating dari pihak yang kurang beruntung untuk menyamai kaum yang sedang atau sudah beruntung.
Indikator kesedarajatan adalah sebagai berikut :
·        Adanya persamaan derajat dilihat dari agama, suku bangsa, ras, gender, dan golongan
·        Adanya persamaan hak dari segi pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan yang layak.
·        Adanya persamaan kewajiban sebagai hamba Tuhan, individu, dan anggota masyarakat.
·        Problema yang terjadi dalam kehidupan, umumnya adalah munculnya sikap dan perilaku untuk tidak mengakui adanya persamaan derajat, hak, dan kewajiban Antara manusia atau antarwarga.  Perilaku yang membeda-bedakan orang disebut diskriminasi.
·        Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang HAM menyatakan bahwa diskriminasi adalah setiap pembatasan, pelecehan, yang langsung ataupun tak langsung didasarkan pada pembedaan manusia atasdasar agama, suku, ras, etnik, kelompok, golongan, status sosial.
CONTOH KASUS
Keragaman didalam kebidanan misalnya pasien dating untuk memeriksakan kedaannya agar pasien tau penyakit apa yang sedang dialaminya ,kita sebagai bidan harus menyambut pasien atau klien dengan ramah dan sopan karna tingkah laku dapat dilihat dengan cara kita menyambut pasien, melayani pasien, memberikan pelayanan dengan baik kepada pasien atau klien agar klien merasa puas dengan pelayanan  kita.
Kederajatan didalam kebidanan misalnya , derajat dapat dilihat dari kedudukan seseorang yaitu pangkat dari orang tersebut dari ketua ibi,wakil ibi,bendahara, dan anggota ibi , atau derajat juga dapat dilihat dari tingkat pendidikan atau lulusan, agama, suku bangsa, ras dan bahasa. Contohnya saat ibu ingin memeriksakan kandungannya di bidan, ia mengeluh mual muntah setiap pagi, ia merasakan ketidaknyamanan ,kitasebagai sorang bidan mendengarkan dengan baik keluhan dari ibu dan masalah yang sedang di alami ibu. Dan kita juga menghargai hak ibu untuk menolak setiap tindakan yang kita lakukan serta kita tidak boleh memaksa kehendak ibu tersebut.
REFERENSI
https://noviwilyaini.wordpress.com/2014/12/30/isbd-manusiakeragaman-dan-kesetaraan/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar